Statistik Internet Dunia


Berdasar laporan yang diambil dari situs http://www.internetworldstats.com/, ternyata hingga bulan Desember2009 jumlah pengguna internet di dunia sudah mencapai angka 1,733,993,741. Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk dunia sebesar 6,767,805,208, maka jumlah pengguna internet ini mencapai angka 25.6 %. Pertumbuhan pengguna internet untuk jangka waktu antara tahun 2000 hingga 2009 mencapai angka 380.3 %. Artinya dibandingkan dengan kondisi 9 tahun yang lalu, maka pengguna internet di seluruh dunia naik hampir empat kali lipatnya.

Sementara itu berdasar statistik demografi pengguna, maka pengguna internet di wilayah Asia menduduki prosentase tertinggi. Angkanya mencapai 42,6 %. Prosentase ini adalah setara dengan jumlah pengguna sekitar 738,257,230 orang.
Mengacu pada data bulan Desember 2009, maka diantara negara-negara Asia, China mendominasi dalam hal jumlah pengguna internetnya. Angkanya mencapai 360,000,000 orang. Indonesia sendiri ada diurutan ke lima dengan jumlah pengguna sebesar 30,000,000.

Untuk negara Indonesia sendiri, angka sebesar 30.000.000 pengguna internet pada bulan Desember 2009 tersebut adalah sebuah prestasi peningkatan, karena bila dibandingkan dengan delapan tahun yang lalu, maka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mencapai angka 1,150.0 %. Cukup fantastik pertumbuhannya. Namun tentunya bila dibandingkan dengan populasi penduduk Indonesia itu sendiri, pengguna internet di Indonesia masih ada di angka 12.5 %. Sementara bila dibandingkan penduduk asia secara keseluruhan, pengguna internet di Indonesia adalah sekitar 4.1 %.
Penetrasi pengguna internet tertinggi di Asia di pegang oleh Korea Selatan sebanyak 77.3 %. Artinya lebih dari 3/4 penduduk Korea Selatan sudah bersinggungan dengan Internet. Bandingkan dengan Indonesia yang baru mencapai angka 12,5 %.
Untuk wilayah Asia Tenggara sendiri, Singapura menduduki tempat teratas dalam hal penetrasi pengguna internetnya, angkanya mencapai 72.4 %. Dibawah Singapura adalah Malaysia, Brunei, Vietnam, Philipina kemudian Thailand. Berikutnya barulah Indonesia diikuti oleh Laos dan terakhir Myanmar. Jadi memang benar kalau Indonesia kalau jauh dengan Vietnam dalam hal penetrasi pengguna internet ini.
Yang agak luar biasa adalah negara India. Negara ini dikenal sebagai salah satu macan TI di dunia. Terkenal dengan kualitas SDM TI-nya. Namun ternyata penetrasi pengguna internetnya hanya sekitar 7.0 %. Barangkali yang 7.0 %ini adalah pengguna internet di negara India sendiri, karena kalau kita lihat distribusi SDM TI warga negara India ternyata ada di hampir seluruh penjuru dunia. Jadi memang India ini luar biasa dalam hal manajemen SDM TI-nya. Walaupun penetrasi pengguna internetnya sedikit, namun punya kualitas untuk menguasai dunia.