Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL)

Pendahuluan
SKPL adalah spesifikasi dari suatu produk/program yang melakukan suatu fungsi tertentu pada lingkungan tertentu. SKPL dapat dibuat oleh wakil dari pengembang atau wakil dari pelanggan. Sebaiknya SKPL dibuat bersama-sama oleh pengembang dan pelanggan.

Dokumen SKPL berisi penjelasan pemakaian dan penulisan dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) atau Software Requirement Specification (SRS).Untuk penamaan dokumen ini selanjutnya akan digunakan istilah SKPL. Pada dasarnya SKPL adalah suatu dokumen yang menyatakan kebutuhan perangkat lunak sebagai hasil dari proses analisis yang dilakukan dalam konteks pengembanganperangkat lunak.Dokumen ini digunakan untuk acuan dalam menulis SKPL. Akan diberikan jugabeberapa outline dari SKPL. Detil penjelasan outline SKPL untuk kedua orientasipengembangan perangkat lunak (berorientasi proses dan berorientasi objek) dijelaskanpada dokumen terpisah (Panduan GL01A dan Panduan GL01B).

Dokumen ini dibuat untuk membantu membuat spesifikasi perangkat lunak yang akan dikembangkan. Isi dari dokumen ini sebagian besar adalah terjemahan dari dokumen IEEE Std 830-1993.

Sifat dari SKPL
Penulis SKPL harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. Fungsionalitas
Untuk apa suatu perangkat lunak dibuat.

2. Antar muka eksternal (External Interface)
Dengan apa perangkat lunak berinteraksi dengan pengguna, perangkat kerassistem, perangkat keras di luar sistem dan perangkat lunak lain.

3. PerformansiSejauh apa kecepatan, ketersediaan (availability), waktu tanggap (response time),waktu recovery dari berbagai fungsi perangkat lunak yang dibuat.

4. Atribut
Seberapa tingkat portabilitas, tingkat kebenaran (correctness), tingkatpemeliharaan (maintainability), dan tingkat keamanan yang ingin dicapai.

5. Batasan perancangan
Apakah diperlukan suatu standar, bahasa yang khusus, kebijaksanaan integritasbasisdata, batasan sumberdaya, lingkungan operasi, dan lain-lain yang membatasi pilihan-pilihan yang bisa digunakan atau keputusan-keputusan yang bisa diambilketika perancangan.

Penulis SKPL tidak sepatutnya menuliskan spesifikasi rancangan atau kebutuhanproyek secara keseluruhan dalam SKPL. Untuk itulah penulis SKPL sepatutnya dapatmembedakan hasil pekerjaan mana yang termasuk hasil analisis dan mana yangtermasuk hasil perancangan.

Lingkungan SKPL
Karena SKPL akan memainkan peranan penting dalam proses pengembangan perangkat lunak, penulis SKPL harus secara berhati-hati dalam memainkanperanannya (yang menuangkan hasil kerja pada suatu dokumen yang dijadikan dasar –baseline). Mengingat SKPL pada akhirnya akan menjadi dasar bagi kontrak antarapengembang dan pelanggan, maka suatu dokumen SKPL harus memenui syarat-syarat berikut:

1. Mendefinisikan kebutuhan perangkat lunak dengan benar. Kebutuhan perangkatlunak muncul karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan atau karena adakarakteristik khusus dari proyek.

2. Tidak menjelaskan rancangan atau implementasi dengan rinci. Penjelasan tersebuttidak diperlukan karena bagi pengguna hal tersebut lebih teknis dan tidak perlu.

3. Tidak memaksakan penambahan suatu batasan dari perangkat lunak

Karakterisitk SKPL
Karakterisitk SKPL yang baik adalah sebagai berikut:
1. Benar
2. Tidak ambigu
3. Lengkap
4. Konsisten
5. Terurut berdasarkan kepentingannya atau kestabilannya
6. Dapat diverifikasi
7. Dapat dimodifikasi
8. Dapat ditelusuri (traceable)


"Tugas Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak"
Berikut ini adalah salah satu template SKPL
download filenya di sini
  • gunakan file tersebut untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak
  • kerjakan secara berkelompok (4 orang)
  • waktu pengerjaan 3 minggu
*Untuk materi mengenai "Analysis Modeling" download di sini